Cara Membuat Halaman Privacy Policy Dan Disclaimer Untuk Blog

Cara Membuat Halaman Privacy Policy Dan Disclaimer Untuk Blog
Daftar Isi Artikel

Masdaffa.com, Cara Membuat Halaman Privacy Policy Dan Disclaimer Untuk Blog - Keberadaan dari kedua halaman ini tidak boleh disepelekan. Terutama bagi kamu yang ingin mendaftar Google Adsense dan berencana untuk mendapatkan penghasilan darinya.

Halaman Privacy Policy merupakan dokumen yang berisi informasi kebijakan situs yang dapat dibaca oleh para pengunjung dari situs tersebut. Privacy Policy sangat berguna demi menghindari adanya hal hal buruk yang bisa saja terjadi, terutama untuk pengunjung situs.

Jika kamu mengelola sebuah situs komersil dengan tujuan untuk memonetisasinya. Maka, pembuatan halaman Privacy Policy dan Disclaimer adalah sebuah langkah penting. Karena kebijakan dari Google Adsense sendiri yang mewajibkan adanya kedua halaman ini terdapat di navigasi situs.

Lalu, bagaimana cara membuat halaman privacy policy dan disclaimer yang benar untuk blog atau situs komersil kamu? di tutorial ini kita akan menggunakan alat generator otomatis dari situs https://www.privacypolicyonline.com tanpa perlu membuatnya secara manual.


Cara Membuat Halaman Privacy Policy Dan Disclaimer

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, kedua halaman ini saling terkait satu sama lain. Jadi, untuk dapat memonetisasi situs mu ke Google Adsense, setidaknya ada 4 halaman penting yang wajib terdapat di navigasi situs yang ingin kamu daftarkan. 4 Halaman penting tersebut adalah:

  • Halaman About
  • Halaman Contact
  • Halaman Disclaimer
  • Halaman Privacy Policy


Cara Membuat Halaman Privacy Policy Untuk Blog

1. Silahkan buka browser yang biasa kamu gunakan lalu masuk ke situs https://www.privacypolicyonline.com

2. Klik tulisan "Free Generators" lalu pilih opsi "Privacy Policy Generator" untuk membuat halaman privacy policy

3. Masukan nama situs pada kolom yang sudah disediakan beserta URL situs dibawahnya (Kolom bernama Your Website/App Name di isi dengan nama situs kamu, sedangkan pada kolom Your Website URL di isi dengan URL atau alamat link situs kamu). Lalu klik tombol "NEXT"

4. Setelah klik tombol "NEXT" kamu akan diarahkan ke halaman pengisian data selanjutnya

  • Jika situs kamu menggunakan cookies maka klik Yes (untuk situs dengan platform blogger sudah menggunakan cookies bawaan dari google)
  • Jika situs kamu menggunakan iklan dari google adsense maka klik Yes
  • Jika situs kamu memakai iklan dari pihak ketiga selain google adsense maka klik Yes

5. Scroll kebawah. Lalu pilih negara beserta provinsi situs kamu (Sebagai contoh di gambar saya menggunakan provinsi bali) lalu klik "NEXT" untuk lanjut ke halaman berikutnya

6. Masukan email aktif mu yang dapat digunakan pengunjung ketika mereka ingin menghubungi pemilik situs, dan klik tulisan "CREATE PRIVACY POLICY"

7. Scroll kebawah lalu kamu akan menemukan tombol "Copy to clipboard". Klik tombol tersebut untuk meng-copy nya dalam format tulisan HTML

8. Terakhir, buat halaman baru di dashboard blogger. Ubah tampilan tulisan menjadi tampilan HTML dan paste data yang sebelumnya sudah kamu copy. Jangan lupa berikan judul halaman dengan Privacy Policy, Kebijakan Situs dan sebagainya yang masih berhubungan. Rapikan sedikit tulisannya. lalu Publikasikan


Cara Membuat Halaman Disclaimer Untuk Blog

1. Kembali lagi ke situs tadi https://www.privacypolicyonline.com

2. Klik tulisan "Free Generators" lalu pilih opsi "Disclaimer Generator" untuk membuat halaman disclaimer

3. Isi nama situs beserta alamat URL nya. Lalu klik tombol "NEXT"

4. Pilih negara beserta provinsi dimana situs berada. Masukan alamat email aktif kamu untuk memudahkan para pengunjung ketika mereka ingin menghubungi mu selaku pemilik situs. Jika sudah, lanjut klik "CREATE DISCLAIMER"

5. Scroll kebawah, lalu klik tombol "Copy to clipboard" untuk meng-copy data disclaimer yang sudah dibuat tadi. Paste ke halaman baru di dashboard blogger, gunakan opsi Tampilan HTML, rapikan sedikit dan Publikasikan

Selesai, dengan begini situs mu sudah memiliki 2 halaman wajib untuk daftar ke Google Adsense. Untuk membuat halaman about, kamu bisa merangkai tulisan yang dapat mendeskripsikan semua hal yang berkaitan tentang situs mu di halaman baru,

Sedangkan untuk membuat halaman contact, kamu hanya perlu menyediakan email atau nomor telepon aktif yang tentunya dapat dihubungi secara langsung oleh pengunjung situs. Demikian tutorial cara membuat halaman privacy policy dan juga disclaimer untuk blogger maupun wordpress. Semoga tutorial diatas bermanfaat.