Medium Alternative Web 2.0 Substack

Medium Alternative Web 2.0 Substack
Daftar Isi Artikel

Masdaffa.com, Medium Alternative Web 2.0 Substack - Entah mengapa akhir akhir ini moderator dari situs medium memperlakukan peraturan pada platformnya dengan sangat ketat.

Badai banned sudah berkali kali menghantam akun yang tidak mengikuti kaidah peraturan dari platform tersebut. Para blogger yang menanam backlink di sana pun juga ikut terkena dampak dari pengaruhnya. Seperti pendapat saya sebelumnya tentang medium di

Backlink Medium

Berdasar pendapat saya diatas, backlink dari medium sudah tidak worth it lagi untuk digunakan. Daripada membuang waktu kamu sia-sia untuk menanam backlink disana, lebih baik segera beralih ke situs alternatifnya medium yakni Substack.


Apa Itu Substack? Medium Alternative Terbaik

Substack.com adalah platform blogging yang sampai saat ini sudah banyak digunakan oleh para penulis luar terutama para penulis dari benua eropa. Sama seperti Medium, Substack juga dikhususkan untuk para penulis yang ingin menuangkan karya nya melalui tulisan.


Manfaat Menanam Backlink Di Substack.com

Ada beberapa hal yang membuat Backlink dari Substack jauh lebih unggul ketimbang membuat Backlink dari Medium dan Web 2.0 lainnya yang umum digunakan. Berikut ini beberapa keunggulannya


1. Memiliki Komunitasnya Sendiri

Layaknya situs Kaskus dan Medium, Substack juga memiliki komunitas yang memungkinkan tulisan mu dibaca oleh banyak kalangan tanpa harus menyebarkan link artikel mu ke sosmed. Yang berarti, tanpa perlu mendaftar di search engine pun artikel yang kamu bikin sudah langsung terindex dan ikut ngeranking di SERP.


2. Pengguna Diberi Sub-Domain Dengan Authority Tinggi

Selain di Medium, untuk menemukan situs Web 2.0 yang memberikan penggunanya Sub-Domain berauthority tinggi secara gratis sangatlah jarang ditemukan. Biasanya situs Web 2.0 akan memberikan Sub-Domain ke penggunanya dengan authority yang masih fresh, sebagai contoh Blogspot.com & Wordpress.com.

Namun pada platform Substack, pengguna baru akan diberi Sub-Domain seperti contoh.substack.com yang sudah mempunyai authority tinggi untuk dikelola oleh pengguna secara mandiri.


3. Dofollow Backlink

Siapa sih yang tidak suka dengan backlink bertipe dofollow secara gratis?. Di Substack, setiap tautan external maupun internal yang terdapat pada artikelnya bisa dipastikan bertipe Dofollow. Yang berarti keberadaan link tersebut akan di index secara otomatis oleh robot google.

Bisa dibilang platform Substack ialah PBN versi Low Budget yang memiliki kualitas tak kalah jauh dengan versi PBN Expired Domain.